Minggu, 12 Mei 2013

PERANAN ROH KUDUS DALAM KEHIDUPAN KRISTEN

Minggu. 12 Mei 2013


     Dewasa ini banyak orang Kristen yang ingin mengetahui bagaimana Roh Kudus bekerja dalam kehidupan manusia. Namun juga ada orang yang tidak mengerti, bahkan tidak mempercayai Roh Kudus itu ada, dan telah dicurahkan kepada orang percaya. Kita harus mengerti bahwa sifat kehidupan Kristiani ditentukan oleh pengertian mereka tentang apa yang hendak dilakukan Roh Kudus bagi kehidupan mereka.                                        
    Dalam KPR 1:4, Yesus melarang para murid-murid meninggalkan Yerusalem, dan Yesus mengulangi lagi kalimat yang ada di injil Yohanes, bahwa Ia akan membabtis dengan Roh. Jadi salah satu tujuan dari kenaikan Yesus ke surga ialah untuk  supaya Ia dapat mencurahkan Roh KudusNya.
    Dalam kehidupan Kristiani Roh Kudus ini sangat memiliki peranan, sehingga kita sangat bergantung kepada keberadaan Roh Kudus dalam diri kita, karena jika Roh Kudus ada pada kita maka kita akan memiliki kuasa ( Kisah Rasul 1:8) dan peran ini dapat kita pelajari sbr :

1.      ROH KUDUS MENGUBAH EMOSI KITA
a.       Roh Kudus membantu kita mengatasi sifat pemarah. Yakobus 1:19-21, Efesus 4:26.
b.      Roh Kudus mempersiapkan orang untuk masuk kehidupan baru, dengan cara menginsyafkan orang itu. Yohanes 16:8
c.       Roh Kudus membantu untuk mengubah pola pikir kita dan memberi keberanian untuk mengaku dosa, dan berubah.  Lukas 15:21-22.       

 2. ROH KUDUS MENGUATKAN IBADAH KITA
 Orang kristiani sudah pasti beribadah, dan bahkan mungkin mengikuti kegiatan-kegiatan di luar    minggu. Namun kita dapat pelajari dari kehidupan nyata, kita masih menemukan orang yang          masih terombang-ambingkan. Mengapa hal ini terjadi? Dan disinilah kita harus mengerti apa          peran Roh Kudus di ibadah kita.
a.      Roh Kudus memimpin kita kepada kebenaran. Yoh 16:13
b.      Roh Kudus mengajar dan mengingatkan kita. Yohanes 14:26, Lukas 12:12.
c.       Roh Kudus mengajar kita berdoa, dan berdoa untuk kita.
Roma 8:26-27.

3. ROH KUDUS MEMBERI KITA KUASA UNTUK  HIDUP DALAM  
    KEMENANGAN
…..Jika Roh Kudus turun atas kamu..kamu akan menerima kuasa.
                                                            Kamu akan menjadi saksiKu (KPR 1:8)
     Kadang kita mengharapkan kemenangan, namun kita tidak punya kuasa, kita berkata sudah jadi saksi, tapi tidak menerima Roh Kudus. Hal inilah yang harus kita pahami, betapa kita sangat amat memerlukan babtisan Roh Kudus.
a.       Roh Kudus membantu pertumbuhan rohani kita. Efesus 3:16-19
b.      Roh Kudus bersaksi bersama-sama roh kita. Roma 8:16-17, KPR 1:8
c.       Roh Kudus menguatkan keyakinan kita. 2 Korintus5:17,Efesus 2:10

   Kehadiran Roh Kudus dalam diri orang Kristen menyediakan kerohanian yang etis, suasana Kristen yang hangat dimana kebenaran tumbuh dengan subur. Dengan demikian Roh Kudus memberi kita semangat dan kekokohan hidup yang jauh melebihi kemampuan kita.
                              

KETIKA AGAMA SUDAH MERASA TERNISTAKAN

Dalam kehidupan di dunia ini tidak terlepas dari berbagai masalah, dimana masalah itu beragam dan mungkin setiap manusia berbeda-beda masala...