Rabu, 17 April 2013

INTEGRITAS DALAM TUHAN

       
             Mungkin kita pernah mendengar perkataan orang-orang disekitar kita, “Ah dia itu omong doang….”, “Percuma dia itu sebagai……….tingkah lakunya kan seperti…….”, “Ah dia muka tembok”, “Ah masa dia melakukan seperti………dia kan sudah….” dan lain-lainnya. Perkataan-perkataan itu berhubungan dengan Integritas seseorang.

Elson Sinurat
Integritas  akan menunjukkan identitas diri seseorang yang berhubungan dengan, kejujuran, ketulusan, kredibilitas, karakter moralitas, pendirian, kesetian dan prilaku.
Oleh karena itu integritas sangat penting untung kita miliki, apapun posisi kita ataupun kedudukan kita Integritas yang tinggi harus menjadi bagian dari keseharian kita.

Semua orang tentunya menginginkan integritas yang tinggi, untuk memiliki integritas yang tinggi tidaklah mudah karena akan berhadapan dengan berbagai rintangan, seperti kondisi, keadaan dan situasi.

Kondisi, keadaan atau situasi yang tidak baik seringkali menjatuhkan seseorang sehingga tidak memiliki integritas yang tinggi, disinilah kita perlu Tuhan untuk menguatkan dan memberi kemengan dari berbagai rintangan. Yudas iskariot dan Petrus adalah contoh yang integritasnya jatuh oleh karena situasi dan kondisi.

Rintangan tersebut akan membuat kita berperang, oleh karena itu kita mutlak memerlukan Tuhan. Saatnya kita menang, bagaimana supanya kita menang?

  1. Mengerti Makna dari Paskah Perjanjian Lama
Kata “Paskah” berasal dari kata Ibrani pesach yang berarti “melewatkan”. Pada tanggal sepuluh bulan pertama dalam kalender keagamaan orang Israel (keluaran 12:2-3), TUHAN menjalani (mengelilingi) seluruh tanah Mesir dan membunuh setiap anak sulung bangsa Mesir, tetapi TUHAN melewati rumah orang Israel yang pintu dan ambang pintunya telah dilumuri dengan darah anak domba atau darah anak kambing (keluaran 12:3-13).
Perhatikan perintah diatas lumuri pintu sebelah atas, kanan dan kiri dengan darah, posisi tersebut melambangkan Salib dan salib juga menggambarkan pengorbanan. Jadi apabila kita ingin menang untuk memiliki integritas tinggi kita juga harus rela berkorban untung mengalahkan rintangan-rintangan diatas.

  1. Mengerti Makna dari Paskah Perjanjian Baru
Paskah yang dirayakan kristen adalah peringatan akan kebangkitan Yesus, karena berkaitan dengan iman. Firman Tuhan berkata sia-sialah kepercayaan seandanya Yesus tidak bangkit. Dan kebangkitan itu menjelaskan bahwa sebelumnya ada peperangan yang dihadapi Yesus dan akhirnya memperoleh kemenangan, dan itu diperoleh karena Integritas Yesus yang luar biasa, pada saat Yesus mengalami peperangan Dia adala manusia, sehingga kemengan dipeoleh karena memiliki Integritas yang Tinggi.

Oleh karena itu, jikalau kita ingin memiliki integritas tinggi kita belajar dari proses kematian Yesus. Dia dianiaya, disiksa, dibunuh, dikuburkan dan bangkit, kita juga harus mengalami hal tersebut, memang berat tetapi harus berjuang dan menguburkan manusia lama kita sehingga bangkitlah manusia baru kita yang di perbaharui.


KETIKA AGAMA SUDAH MERASA TERNISTAKAN

Dalam kehidupan di dunia ini tidak terlepas dari berbagai masalah, dimana masalah itu beragam dan mungkin setiap manusia berbeda-beda masala...